(Info-Handicraft) - Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kemajemukan dengan
keanekaragaman kebudayaan baik yang asli maupun serapan dengan segala
kombinasi perpaduan yang ada. Produk kerajinan sebagai bagian dari
Kebudayaan Nasional, yang perlu terus dijaga dan dilestarikan sehingga
bisa dijadikan aset nasional.
Industri kerajinan di Indonesia sudah mulai
menunjukkan potensinya, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya
perajin-perajin baru dengan inovasi-inovasi dan kreatifitas
produk-produk yang baru. Tuntutan ekonomi disertai dengan adanya peluang
pasar yang cukup menjanjikan, membuat industri ini kian semarak dan
membawa harapan untuk perbaikan dan peningkatan perekonomian nasional.
Disinilah peran INACRAFT, sesuai dengan tema
sentral From Smart Village to Global Market, untuk menaungi dan
memfasilitasi produk-produk kerajinan tersebut untuk bisa naik ke
jenjang yang lebih tinggi baik dari segi komersil maupun dari segi
estetika seni. Didaulat sebagai salah satu pameran kerajinan terbesar
yang ada di Indonesia dan sebagai ajang promosi bagi produksi kerajinan
dalam negeri untuk merambah pasar domestik maupun pasar luar negeri
melalui produk-produk unggulan, INACRAFT 2014 yang mengangkat Kekayaan
Warisan Budaya Jawa Tengah sebagai ikon utamanya, juga bertujuan untuk
mengembangkan produk ekonomi kreatif dalam rangka peningkatan kualitas
ekspor produk kerajinan Indonesia sehingga dapat dijadikan salah satu
alternatif faktor penunjang perekonomian nasional di era perdagangan
bebas ini. Dengan sub tema “Meningkatkan Kualitas Produk Handicraft
Kreatif Untuk Memasuki Pasar Global” pameran ini diharapkan mampu
menunjukkan kepada komunitas kerajinan internasional, eksistensi dan
kompatibilitas industri kreatif kerajinan Indonesia di tengah-tengah
persaingan pasar industri sejenis dengan negara lain.(sumber.http://www.inacraft.co.id)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar